Perangkat multimedia pendidikan biologi berupa video animasi dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) diciptakan untuk melengkapi sumber belajar yang ada khususnya di Madrasah. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan konten multimedia menggunakan film animasi untuk memudahkan pembelajaran biologi khususnya sistem ekskresi dengan pendekatan problem based learning. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media diperoleh sebesar 89,2%, memenuhi kriteria validitas tinggi. Begitu pula penilaian yang dilakukan oleh ahli materi menghasilkan tingkat validitas sebesar 95%. Evaluasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran biologi menghasilkan tingkat validitas sebesar 98%. Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap respon siswa. Karya ini telah mencapai skor terpuji sebesar 93% dan memenuhi semua kriteria yang disyaratkan tanpa perlu revisi. Media pembelajaran yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mempelajari informasi sistem ekskresi manusia di MAN Model 1 Manado.
Copyrights © 2024