JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Faktor Penentu Profitabilitas Industri Manufaktur yang Dimoderasi Ukuran Perusahaan

Hardin, Niar Amelia (Unknown)
Alamsyah, Dedi (Unknown)
Leon, Farah Margaretha (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Mencapai keuntungan menjadi fokus utama perusahaan untuk menjaga kelangsungan operasionalnya. Sejumlah faktor memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian keuntungan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur modal dan likuiditas terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022. Dengan mengambil sampel sebanyak 115 perusahaan menggunakan metode sampel berdasarkan tujuan, analisis dilakukan melalui regresi data panel menggunakan perangkat lunak Eviews. Variabel dependen adalah profitabilitas yang diukur dengan return on assets dan Tobin’s Q. Variabel independen melibatkan struktur modal dan likuiditas, dengan variabel moderasi ukuran perusahaan, serta variabel kontrol seperti pertumbuhan penjualan dan usia perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal dan likuiditas memiliki dampak negatif terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan juga berdampak negatif, sementara ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi memberikan dampak positif terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan tidak memiliki dampak signifikan, dan usia perusahaan memberikan dampak negatif terhadap profitabilitas. Implikasi dari penelitian ini memberikan panduan kepada manajemen untuk mengelola struktur modal dengan mengurangi hutang, meningkatkan aset produktif, dan memeriksa aset-aset perusahaan. Bagi investor, disarankan untuk memilih perusahaan dengan rasio hutang rendah dan usia perusahaan yang relatif muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...