Olahraga renang merupakan olahraga yang berasal dari induk olahraga akuatik. Dalam pembelajaran ekstrakurikuler renang di SMP Negeri 1 Tarokan ditemukan masalah yaitu metode yang digunakan pelatih yaitu metode ceramah kurang cocok diterapkan kepada siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media audiovisual terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa ekstrakurikuler renang SMP Negeri 1 Tarokan Kediri. Semua siswa yang mengikuti ektrakurikuler renang yaitu sejumlah 30 siswa dijadikan sebagai populasi dan sampel penelitian ini. Hasil dari penelitian yaitu setelah Uji T dihitung menggunakan perbandingan t hitung > t tabel didapatkan hasil 26,692>2,045 artinya terdapat pengaruh penerapan media audiovisual terhadap nilai hasil belajar renang gaya dada siswa ekstrakurikuler renang SMP Negeri 1 Tarokan dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa ektrakurikuler renang sebesar 14,8%.
Copyrights © 2024