JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Validitas Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sel Elektrolisis Kelas XII SMA

Dini, Iid Rahma (Unknown)
Aini, Syamsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Sel elektrolisis adalah materi kimia yang memuat level representasi kimia, sehingga dianggap sulit oleh peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang bisa mengoptimalkan pemahaman siswa. Diantaranya, media ajar yang bisa menampilkan kelengkapan level representasi kimia adalah Powerpoint interaktif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel elektrolisis kelas XII SMA dan menentukan tingkat validitas dengan model 4-D. Media pembelajaran divalidasi oleh 5 orang validator yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 3 Sungai Penuh. Hasil penelitian dianalisis dengan rumus Aiken’s V didapatkan rata-rata validitas konten sebesar 0,89625 dan validitas konstruk sebesar 0,889583 dengan tingkatan valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...