JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas V SDN 106828 Sumberjo

Munthe, Chepbriandi (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 106828 Sumberjo berjumlah 46 orang, dengan teknik pengambilan sampel Cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning adalah 76,52 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan model Discovery Learning adalah 60,87 Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning pada materi pecahan kelas V SDN 106828 Sumberjo T.A 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...