JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning Pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Ispring

Milla Fitri, Aidina (Unknown)
Gusnedi, Gusnedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan validitas dan praktikalitas dari multimedia interaktif dengan model discovery learning pada materi suhu dan kalor menggunakan iSpring. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Research and Development (RnD) dengan penerapannya menggunakan model Plomp. Penelitian ini dilakukan sampai tahap praktikalitas. Produk yang akan dihasilkan adalah bahan ajar berupa multimedia interaktif dengan model discovery learning pada materi suhu dan kalor yang dapat diakses menggunakan laptop maupun smarthphone. Nilai validasi yang telah diperoleh, selanjutnya diolah dengan menggunakan validitas Aiken’s V. Ada 4 komponen yang dinilai dalam multimedia interaktif ini yaitu kelayakan isi, sajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Selanjutnya multimedia interaktif yang telah valid diuji kepraktisannya dengan uji praktikalitas. Ada 3 komponen yang dinilai dalam instrumen multimedia interaktif yaitu komponen kemudahan penggunaan, daya tarik dan manfaat. Hasil penelitian pada tahap validitas produk multimedia interaktif yaitu 0,81 dengan kategori valid, dan hasil praktikalitasnya produk multimedia interaktif pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,1% dan 87,2% dengan kategori sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan model discovery learning pada materi suhu dan kalor menggunakan ispring valid dan praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...