JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Persepsi Guru tentang Kredibilitas Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Se-Kota Padang

Putriani, Fardela (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Anisah, Anisah (Unknown)
Ermita, Ermita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Kredibilitas kepala sekolah dalam penelitian ini adalah sikap atau perilaku kepala sekolah yang menunjukkan tingkat integritas, inspiratif, dan kompetensi yang tinggi sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap kepemimpinan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi persepsi guru tentang kredibilitas kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se-Kota Padang. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 818 orang guru dan sampel penelitian sebanyak 135 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling dengan rumus Cochran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket dengan 5 alternatif jawaban yang menggunakan model skala likert sejumlah 30 pernyataan yang diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26.0. Teknik analisis data menggunakan rumus untuk menghitung rata-rata (mean). Hasil penelian menunjukkan bahwa guru mempersepsikan kredibilitas kepala sekolah sebagai berikut: 1) Integritas berada pada kategori tinggi dibuktikan dengan skor rata-rata 4,48 dan TCR sebesar (89,63%), 2) Inspiratif berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 4,37 dan TCR (87,36%), 3) Kompetensi berada pada kategori tinggi yaitu rata-rata skor 4,40 dengan TCR (88,04%). Secara keseluruhan penilaian guru terhadap kredibilitas kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) Se-Kota Padang termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 4,42 dengan TCR (88,34%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...