JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMP Negeri 1 Batang Anai

Lira Hayu Afdetis Mana (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Laspida Harti (STKIP YDB Lubuk Alung)
Harnon Harnon (Universitas Terbuka)
Siti Masyitha Mardhatillah (SMK Sekolah Mengenah Analis Kimia Padang)
Guspa Ninda (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan (1) peserta didik belum memiliki keterampilan berbicara dengan baik, dan (2) peserta didik belum pernah belajar berbicara menggunakan model Kooperatif tipe Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Kooperatif tipe Make a Match terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam hal ini pemilihan kelas VII-6 sebagai sampel penelitian didasari oleh alasan pada standar deviasi yang paling kecil. Teknik pengumpulan data yang dilakukan atas tes keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai kabupaten Padang Pariaman dengan thitung> ttabel= (8,74>1,70).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...