Model pembelajaran yang efektif adalah yang membuat peserta didik mampu berperan aktif dan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif yang berbasis sosial disesuaikan dengan hakikat manusia sebagai makhluk sosial dengan tujuan untuk mengingatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi sistem gerak tumbuhan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VIII semester ganjil berjumlah 18 peserta didik terdiri dari 10 laki laki dan 8 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik pada siklus I yaitu 33 % dan pada siklus II yaitu 89% . Berdasarkan penelitian ini maka disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together khususnya pada materi sistem gerak tumbuhan.
Copyrights © 2024