Media pembelajaran yang minim dan tidak lengkap menjadi sala satu permasalahan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Sala satunya adalah pembelajaran anak terasa jenuh dan membosankan. Guru di tuntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran anak, dengan melihat peluang lingkungan Pemanfaatan barang bekas menjadi media pembelajaran merupakan sala satu cara efektif dalam penggunaan alat permainan edukatif bagi anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemanfaatan barang bekas sebagai alat permainan edukatif dalam meningkatkan perkembangan pada anak usia dini, mengetahui kelayakan alat permainan edukatif dari barang bekas yang dibuat sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini.Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall, subjek dalam penelitian ini adalah Paud Mutiara Ibu Curugbitung dengan instrument pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh ahli media, dan guru di Paud Mutiara Ibu Curugbitung, untuk menguji kualitas media yang dibuat dari barang bekas dilakukan ujicoba skala kecil dan uji coba lapangan dengan angket responden peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap alat permainan edukatif yang dibuat, jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas alat permainan edukatif yang yang dikembangkan.Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Creativity Box sebagai alat permainan edukatif dari barang bekas berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan persentase kelayakan 96% dengan kategori sangat layak penilaian guru mendapatkan persentase 87% dengan kategori sangat layak penilaian dalam uji coba skala kecil mendapatkan persentase 93% dengan kategori sangat layak penilaian uji coba lapangan dengan masing – masing persentase kelayakan mendapatkan persentase 87 % dan 96 % dengan kategori sangat layak. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Barang Bekas dan Alat Permainan Edukatif
Copyrights © 2023