Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tradisi Sedekah Bumi, menjelaskan nilai-nilai karakter disiplin yang terkandung di dalamnya, dan mengevaluasi potensi integrasi nilai-nilai karakter tersebut dalam kurikulum pendidikan Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilaksanakan di Desa Cekel, Karangrayung, Grobogan, dengan melibatkan tokoh masyarakat, guru, dan siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, perekaman, pencatatan, pemotretan, dan transkripsi, serta menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Tradisi Sedekah Bumi di Desa Cekel, Grobogan, mencerminkan nilai karakter disiplin yang kuat. Pembelajaran nilai-nilai tradisional di Sekolah Dasar melibatkan interaksi langsung dengan masyarakat dan menghasilkan mata pelajaran interdisipliner dengan berbagai kegiatan kelas. Integrasi ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya memelihara warisan budaya lokal untuk generasi mendatang, tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam pembentukan karakter siswa.
Copyrights © 2024