JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Proses Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Pembelajaran Karakter Disiplin untuk Siswa SDN 1 Cekel Grobogan

Catur Indah Wulansari (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Kanzunnudin (Universitas Muria Kudus)
Nur Fajrie (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tradisi Sedekah Bumi, menjelaskan nilai-nilai karakter disiplin yang terkandung di dalamnya, dan mengevaluasi potensi integrasi nilai-nilai karakter tersebut dalam kurikulum pendidikan Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilaksanakan di Desa Cekel, Karangrayung, Grobogan, dengan melibatkan tokoh masyarakat, guru, dan siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, perekaman, pencatatan, pemotretan, dan transkripsi, serta menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Tradisi Sedekah Bumi di Desa Cekel, Grobogan, mencerminkan nilai karakter disiplin yang kuat. Pembelajaran nilai-nilai tradisional di Sekolah Dasar melibatkan interaksi langsung dengan masyarakat dan menghasilkan mata pelajaran interdisipliner dengan berbagai kegiatan kelas. Integrasi ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya memelihara warisan budaya lokal untuk generasi mendatang, tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam pembentukan karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...