JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Platform Merdeka Mengajar dalam Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan In House Training (IHT)

Maisaroh Maisaroh (Universitas Bina Bangsa)
Renita Renita (Universitas Bina Bangsa)
Luthfiah Khoirunnisa (Universitas Bina Bangsa)
Dewi Surani (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Platform merdeka mengajar merupakan aplikasi yang dapat memudahkan para guru di seluruh indonesia yang dapat di manfaatkan untuk berbagai kepentingan proses beajar mengajar. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan seperti untuk mencari berbagai adiministrasi sekolah, video inspirasi pendidikan, pelatihan-pelatihan dan webinar. Melalui kegiatan In House Training para guru dapat lebih memahami mengenai platform merdeka mengajar, beserta fitur yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan PMM kepada guru SDN Pabean sehingga diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru, kegiatan ini dilaksanakan melalui kegiatan IHT dengan tujuan utamanya memperkenalkan penggunaan PMM yang dapat di jadikan acuann guru di sekolah dalam proses belajar mengajar dalam kurikulum merdeka. Kegiatan IHT ini menempuh beberapa langkah yang dilakukan dan dalam jangka waktu 10 hari, langkah yang dilakukan pertama yaitu pemaparan dasar berkaitan dengan kurikulum merdeka yang di dalamnya menjelaskan juga mengenai proyek penguatan profil pancasila, penjelasan dan praktek langsung untuk menggunakan PMM, terakhir yaitu tindak lanjut dari pelatihan ini. Antusias guru dapat dilihat dalam proses kegiatan IHT, banyak guru yang menanyakan pertanyanyaan kepada pemateri sehingga tercipta suasana yang aktif dan semangat. Untuk hasil dari penelitian ini para guru dapat menggunakan atau dapat mengakses platform masing-masing, sehingga guru dapat mengaplikasikan dan menerapkan langsung di kelas masing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...