JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Hubungan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Self Regulated Learning Siswa SMPN 18 Padang di Masa Pandemi Covid-19

Dhea Safira Hendrika (Universitas Negeri Padang)
Rinaldi Rinaldi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial keluarga terhadap self regulated learning pada siswa SMPN 18 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial keluarga yang dikembangkan oleh Siti Rukmana Hasibuan (2020) berdasarkan pada aspek-aspek House. Dan skala self regulated learning yang dikembangkan oleh Anggi Puspita (2013) berdasarkan pada aspek-aspek oleh Zimmerman. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa p = .000 (p

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...