JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Metode Wahdah terhadap Program Tahfizd di Madrasah Tsanawiyah As-Shofa Jalan Rahmadsyah Medan

Albar, Sultan (Unknown)
Suadi, Pan (Unknown)
Erliyanti, Erliyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data terkait pengaruh Metode Wahdah Terhadap Program Tahfizd secara terpisah maupun simulat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dengan sampel sebanyak 50 orang. Jenis dan sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengisi angkaet kuesioner dengan mengajukan beberapa daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian metode wahdah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap program tahfidz. Analisis data awal menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji realibilitas dan uji hipotesis menggunakan ANNOVA. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode wahdah terhadap program tahfidz, berdasarkan hasil olahan data dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperolehlah hasil analisis korelasi linear sederhana dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,004,maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan tabel summary yang menampilkan nilai koefesien deteriminasi R Squere yaitu 0,582 atau 58,2% yang merupakan hal ini berarti berpengaruh antara metode wahdah terhadap program tahfidz di Madrasah Tsanawiyah As-Shofa Medan sebesar 0,582 atau 58,2 %, sedangkan sisanya 41,8% dipengaruhi metode dan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...