JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Pada Materi Volume Bangun Ruang Berbantuan Software Powtoon Kelas V Sekolah Dasar

Rahmi Putri, Wahyuni (Unknown)
Zainil, Melva (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi dan media pembelajaran media pembelajaran video animasi berbantuan software powtoon pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang praktis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan Pengembangan R & D (Research and Method). Model Pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D Borg & Gall yang telah dimodifikasi dengan model prosedural. Subjek uji coba dalam penelitian ini terbagi atas uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang ditujukan kepada siswa kelas V SD Negeri 06 Parit Antang Bukittinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 siswa dan subjek penelitianya Kelas V SD N 03 Pakan Labuah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini ada dua hal berikut ini. Pertama, Berdasarkan hasil akhir dari uji validitas pengembangan media pembelajaran berbantuan software powtoon dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah valid dan layak diuji cobakan di lapangan. Kedua, Hasil uji praktikalitas media pembelajaran berbantuan software powtoon yang peneliti kembangkan sudah dinyatakan praktis oleh peserta didik dan juga guru di kelas V Sekolah Dasar baik disekolah uji coba maupun di sekolah penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...