JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Eriskaputriyani (Unknown)
Novio, Rery (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lingkungan sekolah terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi statistic linier sederhana yang dilakukan dengan program SPSS 23. Hasilnya penelitian ini nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,813 kemudian output koefisien determinasi (R Square) sebesar 0, 661 atau sama dengan 66,1%, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel lingkungan sekolah (X) secara simultan terhadap variabel pembentukan sikap peduli lingkungan (Y) adalah sebesar 66,1%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan sesuai dengan interval koefisien yaitu 0,60 - 0,799 yang masuk dalam kategori kuat. Diperoleh nilai F hitung = 113,287 > F table = 4,00 untuk nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, dan hasil uji regresi linier sederhana yaitu Y = 2,041 + 0,943X. Dari sini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan antara variabel lingkungan sekolah (X) terhadap variabel pembentukan sikap peduli lingkungan (Y). Semakin baik peranan lingkungan sekolah maka pembentukan sikap peduli lingkungan juga akan semakin meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...