JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Kinerja Dinas Pendidikan Kota Medan Atas Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di Kecamatan Medan Baru

Sagala, Geby Theresia Br (Unknown)
Nasution, Muhammad Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja Dinas Pendidikan Kota Medan dalam Penerapan Sistem Zonasi dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di Kecamatan Medan Baru serta menjelaskan apa faktor yang mempengaruhi kinerja Dinas Pendidikan Kota Medan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Dinas Pendidikan Kota Medan. Informan dalam penelitian ini adalahh Staff Seksi Penilaian Kurikulum SMP, Staff Seksi Sarana Prasarana SMP, masyarakat dan Staff PPDB SMP Negeri 10 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen organisasi dan kinerja organisasi publik dengan menggunakan indikator kinerja menurut Dwiyanto (2012:50) dan teknik keabsahan dalam penelitian ini triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Medan memiliki sumber daya yang cukup dari kualitas dan kuantitas, namun sosialisasi mengenai sistem zonasi belum maksimal dan tidak adanya pendataan serta tindak lanjut untuk siswa yang tidak lulus mendaftar dari sistem zonasi. Keluhan yang disampaikan masyarakat ditangani dengan adanya help desk, serta adanya Bantuan Siswa Miskin, dan Dinas Pendidikan Kota Medan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil dan Diskominfo dalam pelaksanaan sistem zonasi Dinas Pendidikan ikut mengontrol sistem zonasi meskipun sebagai verifikator saja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...