Salah satu masalah dalam pembelajaran kurangnya variasi dalam kegiatan belajar mengajar yang disebabkan oleh kurangnya pengembangan media ajar, sekolah hanya menggunakan media cetak berupa modul atau buku saja, sehingga siswa kurang aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran bahkan siswa tidak memiliki semangat belajar dalam kegiatan pembelajaran biologi. Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan serta mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Kauditan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen tes pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Lembar angket penilaian diberikan kepada subjek penelitian yaitu validator ahli media, validator ahli materi, guru mata pelajaran biologi dan 20 siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Kauditan. Hasil penelitian dari ahli media diperoleh 90,05% mencapai kriteria sangat valid, penilaian dan ahli materi diperoleh 88,83% mencapai kriteria sangat valid penilaian dan guru mata pelajaran biologi diperoleh 96.66% mencapai kriteria sangat valid dan penilaian respon peserta didik diperoleh 94,4% mencapai kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL di SMA Negeri 1 Kaudian layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2024