JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi melalui Video Menggunakan Model Problem Based Learning

Juninho Meldy Siwu (Universitas Negeri Manado)
Meike Paat (Universitas Negeri Manado)
Nova L. I. Ogi (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran kurangnya variasi dalam kegiatan belajar mengajar yang disebabkan oleh kurangnya pengembangan media ajar, sekolah hanya menggunakan media cetak berupa modul atau buku saja, sehingga siswa kurang aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran bahkan siswa tidak memiliki semangat belajar dalam kegiatan pembelajaran biologi. Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan serta mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Kauditan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen tes pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Lembar angket penilaian diberikan kepada subjek penelitian yaitu validator ahli media, validator ahli materi, guru mata pelajaran biologi dan 20 siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Kauditan. Hasil penelitian dari ahli media diperoleh 90,05% mencapai kriteria sangat valid, penilaian dan ahli materi diperoleh 88,83% mencapai kriteria sangat valid penilaian dan guru mata pelajaran biologi diperoleh 96.66% mencapai kriteria sangat valid dan penilaian respon peserta didik diperoleh 94,4% mencapai kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL di SMA Negeri 1 Kaudian layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...