JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Berfikir Kritis Matematika Kelas 2 di SD Negeri 026 Macang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual ?

Saputra, Wanda (Unknown)
Harmasni, Fenjli (Unknown)
Fitriyati, Fitriyati (Unknown)
Irwansyah, Irwansyah (Unknown)
Syah, Akhmad Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan berfikir kritis siswa kelas 2 SDN 026 Macang Pangkalan Kuras melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 026 Pangkalan Kuras yang terdiri dari 10 siswa. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara terfokus dapat melatih dan menumbuhkan cara berpikir secara sistematis,logis, kritis, kreatif dan konsisten.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas II di SDN 026. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan strategi inquiry yang menekankan pada pencarian secara deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan tepat, maka guru dapat memilih metode,model,dan media yang sesuai dengan kemampuan peserta didik agar dapat berjalan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Pelaksanan pembelajaran matematika pada kelas II, menggunakan metode dan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual yaitu guru melatih siswa berfikir kritis dan memiliki keterampilan memecahkan masalah secara logis dan sistematis. Media audio visual membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri dan memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan penerapan model PBL berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar Matematika kelas 2 SDN 026 Macang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...