JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Perancangan Branding Dapur Memory Sebagai Promosi Usaha Makanan Tradisional di Jakarta Barat

Desiana Nur Indra Kusumawati (Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal)
Wisnu Indra Kusumah (Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal)
Putu Wijaya (Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Kekayaan kuliner khas Indonesia sangat banyak dan beragam sehingga membuka peluang bisnis usaha berupa kuliner dan menggerakkan beberapa masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta yang membangun bisnis usaha makanan. UMKM Dapur Memory” adalah usaha makanan tradisional, yang dikelola oleh pasangan suami istri, Ibu Yanti dan Bapak Ian. Namun saat ini UMKM “Dapur Memory” belum memiliki identitas merek untuk usahanya dan kegiatan promosi belum dilakukan secara maksimal sehingga belum terlalu dikenal oleh konsumen. Tujuan dari peneltian ini merancang identitas visual yang menyatu dan terarah, dengan adanya identitas branding untuk promosi yang baik dapat meningkatkan citra produk makanan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UMKM “Dapur Memory”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dilapangan berupa data primer dan sekunder. Diengan tieknik piengumpulan miengolah data, obsiervasi, dokumientasi, wawancara dan kuisionier. Siedangkan data siekundier dipierolieh dari dokumien data grafis, tabiel, foto-foto, film, riekaman vidieo. Hasil dari pienielitan ini adalah kiemasan dan corporatie idientity, mienghasilkan siebuah idientitas logo visual, kiemasan dan corporatie idientity yang mienarik dan mudah dikienali siemua kalangan masyarakat sierta promosi pada miedia social siepierti Instagram, faciebook dan diesain miedia aplikasi siepierti gojiek, shopieiefood dan gofood.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...