Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca permulaan di kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone, 2)Menganalisis faktor apa saja yang menghambat peserta didik dalam membaca permulaan di kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone. Metode pengumpulan datadilakukan melalui observasi dan wawancara . Teknik pedoman dan analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulandan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh Peserta didik kelas 1 MI Al-Ikram Bulu Kasa Kabupaten Bone dengan jumlah 15 peserta didik, terdapat 10 peserta didik yangmasih mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca permulaan. Adapun karakteristik kesulitannya yaitu kesulitan mengenal huruf, kesulitan merangkai susunankata, kesulitan dalam mengidentifikasi kata, menghiraukan tanda baca, tidak lancar dalam membaca, tidak memahami isi bacaan. Kemudian, terdapat beberapa faktor yangmenghambat peserta didik dalam membaca permulaan yaitu faktor internal diantaranya kurangnya minat dan motivasi peserta didik, faktor intelektual, dan faktor fisik. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024