Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk (1) menghasilkan produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDNInpres Pusu Kab. Bima yang valid, (2) menilai kualitas produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima yangvalid. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, yang lebih dikenal dengan istilahResearch and Development (R&D), penelitian ini digunakan untuk mendapatkan hasil produk tertentu dan menguji kevalidan produk tersebut. Model pengembangan yangdigunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul yang dikembangkan padamata pelajaran IPA berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima, dari hasil uji kevalidan modul diperoleh datahasil validasi ahli materi/isi dengan rata-rata 4,5 dan 4,72 berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli modul dengan rata-rata 4,29 berada pada kategorisangat valid, tingkat kevalidan modul bahan ajar pembelajaran dinilai oleh guru dengan menggunakan angket guru dengan rata-rata 4,60 diperoleh dari nilai angket respon guru.
Copyrights © 2024