JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Event Festival Budaya Puncak Harmoni Somomo Kabupaten Nias Barat

Seriyus Gulo (Politeknik Negeri Medan)
Agus Mariani Saragih (Politeknik Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap Kepuasan Pengunjung Event Festival Budaya Puncak Harmoni Somomo Kabupaten Nias Barat secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliability, assurance dan empathy secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung event festival budaya Puncak Harmoni Somomo Kabupaten Nias Barat. Sedangkan tangible berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung, responsiveness secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung event festival budaya Puncak Harmoni Somomo Kabupaten Nias Barat. Hasil Adjusted R2 menunjukan bahwa hubungan antara variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Kepuasan pengunjung memiliki hubungan sebesar 0,750 yang berarti 75,0% faktor-faktor kepuasan pengunjung dapat dijelaskan oleh variabel indenpenden yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy sedangkan sisanya 25,0% dijelaskan oleh variabel-variabel yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...