Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian bilangan desimal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pedurungan Lor 02 Kota Semarang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan rincian satu siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, satu siswa dengan tingkat kemampuan sedang, dan satu siswa dengan tingkat kemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal cerita dan wawancara. Identifikasi kesulitan siswa didasarkan pada langkah Newman’s Error Analysis yaitu membaca, memahami dan menuliskan informasi, mentransformasi, keterampilan menghitung, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan dalam menuliskan informasi dan menarik kesimpulan, siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam menuliskan informasi, menghitung, dan menarik kesimpulan, dan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami dan menuliskan informasi, mentransformasi, menghitung, dan menarik kesimpulan.
Copyrights © 2024