JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Efisiensi Reservasi Kamar Hotel Secara Online dari Prespektif Sistem Digital

Prastika, Pingky Dwi Ayu (Unknown)
Suharto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efisiensi reservasi kamar hotel dengan fokus pada perspektif sistem digital. Tujuan utama penelitian adalah untuk memahami sejauh mana teknologi digital telah meningkatkan proses reservasi kamar hotel, termasuk pengaruhnya terhadap efisiensi operasional, pengalaman pelanggan, dan kinerja bisnis hotel. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi sistem digital dalam reservasi kamar hotel secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional. Proses reservasi yang lebih cepat, akurat, dan dapat diakses secara online telah memberikan kontribusi positif terhadap pengalaman pelanggan. Kecepatan dan ketepatan dalam mengelola inventaris memungkinkan hotel untuk merespons dengan lebih efektif terhadap permintaan dan fluktuasi pasar. Selain itu, integrasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi pengelolaan inventaris tetapi juga untuk manajemen waktu staf. Sistem digital membantu menyesuaikan tugas dan tanggung jawab staf dengan lebih efisien, meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan sumber daya manusia. Meskipun banyak manfaat yang dihasilkan dari reservasi secara digital, penelitian ini juga mengungkapkan tantangan yang harus diatasi. Beberapa keluhan pelanggan terkait antarmuka pengguna, keamanan data, tidak sinkronnya data antara platform reservasi online dan sistem internal hotel. Selain itu, juga terdapat pengalaman yang tidak selaras antara ekspektasi yang dibuat pada saat reservasi digital dan kenyataan ketika tiba di hotel terhadap perbedaan antara gambaran kamar yang diberikan secara digital, melalui situs web atau aplikasi pemesanan, dengan kondisi sebenarnya saat check in. Hal ini dapat mencakup perbedaan dalam tata letak kamar, kondisi fasilitas, atau pemandangan yang dijanjikan. Kejadian semacam ini dapat merugikan pengalaman tamu atau pelanggan dan menciptakan ketidaknyamanan yang tidak diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...