JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama

Dakhi, Noferia (Unknown)
Tambunan, Hardi (Unknown)
Pangaribua, Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen tes berbentuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ialah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 siswa.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep dengan hasil belajar matematika siswa pada materi Fungsi. Ada pengaruh pemecahan masalah dengan hasil belajar matematika siswa pada materi Fungsi . Besar hubungan pemecahan masalah dengan hasil belajar matematika siswa pada materi Fungsi adalah sebesar 52%. Ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dengan hasil belajar matematika siswa pada materi Fungsi. besar hubungan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah adalah 18 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...