JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas V SDN 82 Singkawang

Egi Saputra (STKIP Singkawang)
Dian Mayasari (STKIP Singkawang)
Rini Setyowati (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas V SDN 82 Singkawang. 2). Mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VB SDN 82 Singkawang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif . Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes secara tertulis kepada siswa dan wawancara kepada guru wali kelas VB. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian bahwa keterampilan menulis karangan ekspoisi siswa kelas VB adalah baik, dimana total 24 siswa terdapat 15 siswa memiliki nilai baik. Siswa yang memiliki kriteria cukup sejumlah 8 orang, Selain itu masih terdapat 1 siswa yang termasuk kriteria kurang. Kesalahan yang dibuat seperti kurangnya struktur ekposisi seperti tidak ada argumentasi, penegasan ulang, kurang kata pronomina, dan tidak ada kojungsi. Faktor yang memengaruhi keterampilan menulis siswa adalah dari diri siswa sendiri yang kurang pengetahuan serta pembelajaran lebih mendalam tentang menulis karangan eksposisi dan guru hanya terpaku pada buku pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...