Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan literasi matematika siswa Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 067775. Metodologi kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMRI efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika melalui pendekatan yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, faktor-faktor kontekstual seperti dukungan kepala sekolah dan ketersediaan sumber daya juga mempengaruhi keberhasilan implementasi PMRI. Selain peningkatan literasi matematika, penelitian ini juga menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi siswa dalam konteks pembelajaran matematika. Pada aspek pemodelan matematika, penelitian ini menunjukkan bahwa PMRI memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami dan menerapkan konsep matematika melalui situasi kehidupan nyata. Melalui pendekatan berbasis masalah, siswa diajak untuk memodelkan fenomena-fenomena yang mereka hadapi sehari-hari dengan menggunakan konsep-konsep matematika yang relevan. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika, tetapi juga mengembangkan kemampuan mereka dalam membuat model matematika untuk memecahkan masalah dunia nyata. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami peran PMRI dalam meningkatkan literasi matematika siswa Sekolah Dasar, sambil menekankan pentingnya pemodelan matematika sebagai bagian integral dari pendekatan pembelajaran matematika yang efektif.
Copyrights © 2024