JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Gaya Antarmolekul Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Fase F SMA

Fadly, Zahra Nabillah (Unknown)
Alizar, Alizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2024

Abstract

Temuan dari survei terhadap guru dan siswa kelas XII di beberapa sekolah di Padang, seperti SMAN 2 Padang, SMAN 5 Padang, dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP, mengindikasikan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep gaya antarmolekul. Selain itu, penerapan model pembelajaran berbasis masalah belum dilakukan karena kurangnya bahan ajar yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).tentang Gaya Antarmolekul melalui pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang dirancang khusus untuk siswa Fase F SMA; dan (2) menilai praktikalitas dan kevalidan LKPD tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah research and development (RnD), yang menerapkan model pengembangan 4-D yang mencakup tahapan definisi, desain, pengembangan, dan distribusi, dengan fokus utama pada tahap pengembangan. Evaluasi validitas dan praktikalitas dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kepraktisan diukur menggunakan formula yang dimodifikasi oleh Purwanto. Berdasarkan analisis menggunakan indeks V Aiken, LKPD dinyatakan valid dengan skor validitas sebesar 0,86. Hasilnya menunjukkan bahwa baik guru maupun siswa menilai LKPD sangat praktis, dengan skor kepraktisan mencapai 87% dan 85% secara berturut-turut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...