Di tingkat pendidikan dasar, di mana anak-anak biasanya berusia antara 6 hingga 12 tahun, kegiatan pembelajaran yang melibatkan karya seni memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan belajar peserta didik. Salah satunya adalah dengan membuat karya seni kolase. Anak-anak kelas 1 sering kali tertarik dan terpapar dengan berbagai jenis transportasi seperti darat, laut, dan udara. Oleh karena itu, memilih gambar-gambar transportasi sebagai tema kolase dapat memberikan relevansi langsung dengan kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur visual dalam karya kolase tema transportasi yang dibuat oleh peserta didik kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan peneliti mengamati, menganalisis, dan menafsirkan objek penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan teknik triangulasi untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak peserta didik kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang dapat membuat karya kolase dengan gambar-gambar alat transportasi dari kertas, namun masih ada yang kurang rapi dalam menempelkan gambar, bahkan beberapa di antara mereka melampaui garis-garis gambar. Hal ini mungkin karena beberapa peserta didik belum sepenuhnya menguasai keterampilan motorik halus, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengontrol gerakan tangan dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk memberikan bimbingan dan latihan yang sesuai kepada peserta didik dengan melakukan latihan dan pendekatan yang mendukung, sehingga peserta didik dapat meningkatkan keterampilannya dalam menempelkan gambar dengan rapi.
Copyrights © 2024