JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Evaluasi Peran Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap Permasalahan Stunting di Sumatera Utara dalam Perspektif Ilmu Ekonomi

Suci Frisnoiry (Universitas Negeri Medan)
Diyan Tia Rony Br. Ginting (Universitas Negeri Medan)
Nazwa Rizka S (Universitas Negeri Medan)
Nurhamidah Zega (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan badan suatu anak lebih rendah dari rata-rata untuk usianya serta perkembangan otak yang tidak maksimal karena kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan. Indonesia merupakan negara berkembang yang mengalami permasalahan stunting yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap permasalahan Stuntig di Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review. Sumber Pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Website Jurnal Nasional dan Internasional seperti Google Scholar. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Hasil analisis yang dilakukan dengan literatur review bahwa banyak cara untuk mengatasi stunting, bukan hanya dengan Pemberian Makanan Tambahan melainkan seperti peningkatan akses dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan, peningkatan kesadaran dan pengetahuan ibu terhadap kejadian stunting, komitmen dan praktik pengasuhan dan gizi ibu dan anak serta peningkatan akses pangan bergizi. Namun Pemberian Makanan Tambahan merupakan hal yang penting di terapkan untuk awal memulai penurunan angka Stunting di Sumatera Utara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...