Media pembelajaran berfungsi sebagai penunjang proses pembelajaran dengan memberikan variasi, merangsang minat peserta didik, mengembangkan sikap, serta meningkatkan keterampilan teknologi. Selain itu, media pembelajaran menciptakan situasi pembelajaran yang mudah diingat, efektif, dan memberikan motivasi belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang digunakan dalam materi sistem koloid. Metode penelitian ini melibatkan studi literatur atau literatur review terhadap beberapa artikel terkait guna menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran pada materi sistem koloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan pada materi sistem koloid memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kesesuaian media pembelajaran dengan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, yang secara keseluruhan memenuhi kriteria-kriteria tersebut dengan nilai di rentang 0,8-1, dan termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2024