JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Sistem Kepercayaan Paganisme Masyarakat Arab Pra Islam

Damayanti, Rizka (Unknown)
Roza, Ellya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan masyarakat Arab sebelum Islam datang. Sistem kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Arab pada masa itu dan bagaimana peribadatan masyarakat Arab dengan menyembah berhala. Masyarakat Arab sebelum Islam datang, terkenal dengan menyembah berhala yaitu memiliki banyak tuhan atau dewa-dewa. Penyembahan terhadap berhala salah satunya dikenal dengan istilah “Paganisme”. Istilah ini umumnya digunakan untuk menunjuk pada praktik dan tradisi para penyembah berhala. Pada mulanya, masyarakat Makkah atau masyarakat Arab setia dengan ajaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yakni menyembah hanya kepada Allah SWT serta tidak menyekutukan-Nya. Namun, dari waktu ke waktu keyakinan tauhid itu memudar dan muncullah banyak paham dan aliran kepercayaan. Dari latar belakang ini maka penulis akan membahas sistem kepercayaan Paganisme Masyarakat Arab Pra Islam. Pendekatan yang digunakan penulis, yaitu pengumpulan data secara khusus melalui tulisan, baik secara histori, buku, artikel dan berbagai bacaan yang membantu dalam penulisan. Dengan maksud untuk mengembangkan baik aspek teoretis maupun praktis dari kegunaannya, dimana dalam tulisan ini merujuk pada keadaan masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam. Dari hasil penelitian maka kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam dengan sistem kepercayaan Paganisme memiliki fokus penyembahan kepada 3 Tuhan yang dikenal dengan Trinitas. Adapun tuhan yang termasuk dalam Trinitas yaitu Al – Lata, Al – Uzza dan Manat. Namun ketiga tuhan tersebut memiliki hubungan dengan Allah, yaitu bentuk penyembahan kepada Allah dilakukan dengan perantara berhala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...