JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kualitas Soal Dan Jawaban Pertanyaan Esai Berdasarkan Taksonomi Bloom Kelas X Fase E Materi Dasar- Dasar Geografi di SMAN 1 Kampar Riau

Dea Syamsaputri, Arrahmah (Unknown)
Ahyuni, Ahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Dengan menggunakan taksonomi Bloom sebagai kerangka kerja, penelitian ini berupaya untuk 1) memastikan jenis pertanyaan yang ditawarkan oleh pendidik, 2) membuat katalog sumber daya dan strategi yang digunakan pendidik ketika merumuskan pertanyaan, dan 3) mengevaluasi kemahiran siswa dalam menanggapi pertanyaan yang disusun dengan cara yang sama. tata krama. Dengan menggunakan populasi sebanyak 373 siswa dan jumlah sampel sebanyak 96 siswa, teknik penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode campuran dengan menggunakan purposive sampling. Studi dokumentasi dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data, dan pertanyaan dicocokkan dengan kriteria taksonomi Bloom untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% ujian harian geografi yang diberikan kepada siswa kelas X.4–X.6 di SMA Negeri 1 Kampar pada tahun ajaran 2023–2024 berada pada tingkat kognitif C4. Di sisi lain, pertanyaan sering kali dijiplak dari buku teks tanpa memperhitungkan taksonomi Bloom. Dengan 52,2% jawaban siswa mencerminkan pemikiran C1, 43,5% mencerminkan pemikiran C2, dan 4,4% mencerminkan pemikiran C4.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...