Dengan menggunakan taksonomi Bloom sebagai kerangka kerja, penelitian ini berupaya untuk 1) memastikan jenis pertanyaan yang ditawarkan oleh pendidik, 2) membuat katalog sumber daya dan strategi yang digunakan pendidik ketika merumuskan pertanyaan, dan 3) mengevaluasi kemahiran siswa dalam menanggapi pertanyaan yang disusun dengan cara yang sama. tata krama. Dengan menggunakan populasi sebanyak 373 siswa dan jumlah sampel sebanyak 96 siswa, teknik penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode campuran dengan menggunakan purposive sampling. Studi dokumentasi dan wawancara digunakan untuk pengumpulan data, dan pertanyaan dicocokkan dengan kriteria taksonomi Bloom untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% ujian harian geografi yang diberikan kepada siswa kelas X.4–X.6 di SMA Negeri 1 Kampar pada tahun ajaran 2023–2024 berada pada tingkat kognitif C4. Di sisi lain, pertanyaan sering kali dijiplak dari buku teks tanpa memperhitungkan taksonomi Bloom. Dengan 52,2% jawaban siswa mencerminkan pemikiran C1, 43,5% mencerminkan pemikiran C2, dan 4,4% mencerminkan pemikiran C4.
Copyrights © 2024