JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penerapan Model PBL Berbantuan Media Papan Informasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 2 SD

Berliantina Hasna Tsabita (Universitas PGRI Semarang)
Kartinah Kartinah (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode yang disampaikan guru dalam pembelajaran kurang menarik minat siswa sehingga membuat siswa menjadi cepat bosan dan kurang memperhatikan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan informasi pada kelas II SDN Plamongansari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan informasi mampu memberikan dampak peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...