Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam pemecahan soal cerita matematika. Penyelesaian soal cerita berdasarkan langkah polya terdiri dari empat tahapan yaitu, memahami soal, merencanakan pemecahan, melakukan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Penelitian menggunakan subjek peserta didik kelas dua SDN Gajahmungkur 04. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan terdapat empat jenis kesalahan peserta didik kelas dua dalam penyelesaian soal cerita matematika yaitu, 1. Pada tahapan memahami soal, kebanyakan peserta didik mampu memahami tetapi masih ada beberapa peserta didik yang sulit untuk memahami soal. 2. Pada tahapan perencanaan kebanyakan peserta didik belum bisa dalam menuliskan rencananya dikarenakan kurangnya pemahaman, ketelitian serta konsentrasi. 3. Pada tahapan pelaksanaan rencana kebanyakan peserta didik tidak mampu melakukannya karena tahapan sebelumnya belum dilakukan secara sempurna. 4. Pada tahapan memeriksa kembali kebanyakan peserta didik belum mencapai tahapan ini karena belum menyelesaikan tahapan sebelumnya.
Copyrights © 2024