JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas Penggunaan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah

Multika Ramadhani, Dea (Unknown)
Iryani, Iryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang pengembangan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi Al-Qur’an. Bahan ajar e-modul laju reaksi telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum dilakukan uji efektivitas terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian adalah peserta didik XI MIPA MAN 3 Kota Padang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas eksperimen XI MIPA 1 dan kelas kontrol XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal Dhitung > Dtabel dan homogen Fhitung(1,25) < Ftabel(1,99). Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 yaitu thitung(9,354) > ttabel(1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah pada ranah kognitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...