Perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi fenomena signifikan dalam konteks pembelajaran kimia. Teknologi AR sebagai suatu paradigma perkembangan teknologi era digital menawarkan solusi inovatif untuk mengubah cara siswa memahami konsep-konsep kimia yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perkembangan dan pemanfaatan teknologi AR dalam lingkup pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakna pendekatan studi literatur dengan analisis deskriptif kualitatif. Data bersumber dari literatur terkait dengan kurun waktu terbit 5 tahun terakhir. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa pemanfaatan teknologi AR dalam pembelajaran kimia sangat beragam. Teknologi AR dikembangkan dan diimplementasikan dalam buku pelajaran berupa smart book, modul, media pembelajaran, dan laboratorium virtual. Pengimplementasian AR sangat cocok dalam pembelajaran kimia karena dapat memvisualisasi dan menjelaskan konsep-konsep abstrak dalam pembelajaran. Namun masih terdapat beberapa tantangan dan hambatan dalam perkembangan dan pemanfaatan teknologi AR dalam pembelajaran kimia. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar pemanfaatan teknologi AR dalam pembelajaran kimia dapat dimaksimalkan.
Copyrights © 2024