JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Video Tutorial Untuk Keterampilan Memasang Tali Sepatu Bagi Disabilitas Intelektual Ringan

Mahendra, Nadya (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak disabilitas intelektual ringan di SLB YPPC PAINAN melalui video tutorial. Video tutorial merupakan suatu alat atau media yang menjelaskan langkah melakukan sesuatu seputar pembelajaran. Video tutorial merupakan pedoman dan bahan pengajaran siswa. Penelitian ini berbentuk pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan single-subyek penelitian (SSR) melalui desain A-B dengan teknik pengumpulan data berupa tes latihan. Teknik analisisnya adalah analisis grafik visual yang dibagi berdasarkan dua kategori, yaitu dalam kondisi dan antar kondisi. Kondisi baseline (A1) menunjukkan setelah empat kali observasi persentasenya stabil dengan persentase 56%. Kondisi intervensi (B) menunjukkan setelah delapan kali observasi persentasenya stabil dengan persentase 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan tali sepatu pada anak disabiltas intelektual ringan di SLB YPPPC Painan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...