Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak disabilitas intelektual ringan di SLB YPPC PAINAN melalui video tutorial. Video tutorial merupakan suatu alat atau media yang menjelaskan langkah melakukan sesuatu seputar pembelajaran. Video tutorial merupakan pedoman dan bahan pengajaran siswa. Penelitian ini berbentuk pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan single-subyek penelitian (SSR) melalui desain A-B dengan teknik pengumpulan data berupa tes latihan. Teknik analisisnya adalah analisis grafik visual yang dibagi berdasarkan dua kategori, yaitu dalam kondisi dan antar kondisi. Kondisi baseline (A1) menunjukkan setelah empat kali observasi persentasenya stabil dengan persentase 56%. Kondisi intervensi (B) menunjukkan setelah delapan kali observasi persentasenya stabil dengan persentase 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan tali sepatu pada anak disabiltas intelektual ringan di SLB YPPPC Painan.
Copyrights © 2024