JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Pokok Himpunan di Kelas VII MTs Swasta Aziddin MedanTahun Ajaran 2013/ 20

Siregar, Syarimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Himpunan yang diajar dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VII MTs Swasta Aziddin Medan. (2) Hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Himpunan yang diajar dengan strategi Numbered Heads Together (NHT)di Kelas VII MTs Swasta Aziddin Medan.Metode yang digunakan dalan penelitian ini yaitu metode eksperimen semu yaitu terdapat dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperiemn (model pembelajaran NHT) dan kelompok kelas eksperimen (model pembelajaran STAD). Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Aziddin Medan tahun pelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 69 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT memiliki perbedaan yang signifikan dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD setelah pengujian hipotesis yang telah dilakukan. Dimana telah terbukti bahwa atau 2,114 > 1,999 sekaligus menyatakan terima dan tolak. Maka dari itu dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VII MTs Swasta Aziddin Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...