Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bayang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bayang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks berita dan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bayang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bayang yang terdaftar tahun 2023/2024 sebanyak 288 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 43 siswa. Sampel penelitian ini diambil sebesar 15% menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks berita dan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bayang dengan rhitung 0,960 > rtabel 0,304 dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena thitung (22,47) lebih besar daripada ttabel (1,68). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks berita yang artinya antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman teks berita, maka akan semakin tinggi keterampilan menulis teks berita siswa.
Copyrights © 2024