JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV di SDN Wonotingal

Asfiyana, Atika (Unknown)
Siswanto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonotingal yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif dan belum berpusat pada peserta didik serta media pembelajaran yang belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SD Negeri Wonotingal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre experimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas IV SDN Wonotingal dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu suatu teknik penentuan dan pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji One sample t test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 3,300> t_tabel + 2,073 atau sig. 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada nilai posttest sudah mencapai ketuntasan belajar. Kemudian Uji N_Gain diperoleh mean N_Gain persen sebanyak 67,6262, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio-visual cukup efektif untukditerapkan di kelas IV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...