Agar informasi yang diberikan bermanfaat bagi pendengar, mendengarkan memerlukan fokus. Siswa di sekolah dasar rata-rata menghabiskan 1,5 hingga 2 jam setiap hari, menunjukkan bahwa keterampilan mendengarkan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kelas sekolah dasar, karena membantu siswa menyerap dan mengolah apa yang mereka dengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audiovisual sangat penting bagi kemampuan siswa sekolah dasar untuk menyimak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tinjauan pustaka. Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data perpustakaan, membaca, mencatat dan mengolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan meninjau sumber-sumber kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian, seperti buku, website, penelitian terdahulu, atau sumber kepustakaan yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan mendengar siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2024