Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini memanfaatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Tinjauan pustaka yang komprehensif digunakan sebagai fondasi teoritis, memungkinkan peneliti untuk memahami konsep kreativitas dan pembelajaran inovatif secara mendalam. Analisis induktif terhadap data yang terkumpul mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran inkuiri, pembelajaran tematik berbasis discovery, dan bermain peran, mampu merangsang kreativitas pada anak usia dini dengan efektif. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, memungkinkan mereka untuk aktif terlibat dalam proses belajar melalui eksplorasi, penemuan, dan interaksi sosial. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan dan orang tua dalam mendukung perkembangan kreativitas anak usia dini, serta menekankan perlunya penekanan pada pembelajaran yang merangsang kreativitas sejak dini untuk membantu anak-anak menjadi individu yang inovatif dan adaptif di masa depan.
Copyrights © 2024