JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Dasar

Alifiyah, Diniyah Khoerunnisa (Unknown)
Bayani, Qinwan Nishrina Nurul (Unknown)
Firmansyah, Raden Khayla Fadhilla Azahra (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas dan menganalisis bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan di lingkungan sekolah dasar dan dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan tantangan dalam implementasi kurikulum ini. Metode yang digunakan melibatkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar untuk membentuk generasi penerus bangsa yang kreatif, inovatif, dan mandiri, serta mampu beradaptasi dengan tantangan zaman. Namun, ada juga dampak negatif, yaitu siswa yang cerdas cenderung menjadi semakin cerdas, sementara yang tertinggal akan semakin tertinggal. Oleh karena itu, pentingnya keterlibatan semua pihak, termasuk guru, orang tua, dan komunitas sekolah, dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...