Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam memanfaatkan model dan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audiovisual pada peserta didik kelas V SDN 01 pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 01 Pancung Soal yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan modul ajar: a) Modul Ajar menunjukkan rata-rata pada siklus I 87,49% (B) meningkat menjadi 95,83% (SB) pada siklus II, b) pelaksanaan aspek guru siklus I 81,25% (B) meningkat menjadi 93,75% (SB) pada siklus II, sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik pada siklus I 81,25% (B) meningkat menjadi 93,75% (SB) pada siklus II, c) penilaian terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 71,88 (C) dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,60 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik di kelas V SDN 01 Pancung Soal.
Copyrights © 2024