Pada penelitian yang dilakukan saat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencuci sepeda motor pada siswa disabilitas intelektual ringan di SLBN 1 Pariaman melalui jenis pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang melibatkan kelompok belajar siswa dengan kemampuan masing-masing. Penggunaan metode ini diharapkan akan menghasilkan peningkatan kemampuan pembelajaran, keterampilan sosial, dan kemampuan interpersonal siswa. Penelitian ini masuk kedalam jenis Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan penelitian campuran kualitatif dan kuantitati. Dimana pendekatan kualitatif berupa diskripsi gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan pendekatan kuantitatif berupa grafik peningkatan hasil belajar dan kemampuan mencuci sepeda motor pada siswa disabilitas intelektual ringan. Setelah dilakukan pelaksanaan tindakan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajran kooperatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar vokasional mencuci sepeda motor bagi siswa disabilitas intelektual ringan. Berdasarkan observasi dan tes siswa membeperoleh skor yaitu SS 100%, AA 100% DAN RQ 90%.
Copyrights © 2024