Dalam kurikulum merdeka, jurusan IPA dan IPS tidak lagi diterapkan disekolah. Pada kurikulum baru ini, siswa diminta untuk memilih beberapa mata pelajaran pilihan yang mereka minati. Dari hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa serta menentukan faktor yang paling dominan sehingga siswa memilih Geografi sebagai mata pelajaran pilihan di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang melibatkan analisis data deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua siswa kelas XI yang memilih mata pelajaran Geografi, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Analisis menunjukkan bahwa minat siswa dipengaruhi oleh faktor internal pada indikator ketertarikan sebesar 58%, dan faktor eksternal pada indikator teman bergaul sebesar 44%. Faktor internal pada indikator ketertarikan menjadi faktor dominan yang memengaruhi minat siswa.
Copyrights © 2024