JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh E-Wom pada Ulasan Produk dan Brand Image Marketplace Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Kota Pekanbaru

Ilham Mulyandi (Universitas Riau)
Rumyeni Rumyeni (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Wom (Electronic Word of Mouth) pada ulasan produk dan brand image di marketplace Tokopedia terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Adanya pengaruh E-Wom dan citra merek secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa keduanya berperan penting dalam membentuk preferensi konsumen. Unsur-unsur tersebut saling melengkapi dan mempengaruhi satu sama lain dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Review atau rekomendasi dari sesama konsumen atau influencer dapat membentuk persepsi positif terhadap produk atau merek tertentu di marketplace Tokopedia. Di sisi lain, citra merek juga berperan penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Produk dengan citra merek yang kuat dan positif mampu menarik perhatian dan kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, E-Wom dan brand image Tokopedia secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Kota Pekanbaru sebesar 68%, dengan E-Wom sebagai variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di marketplace Tokopedia kalangan pelajar di Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...