Pembelajaran adalah suatu proses dalam pembentukan diri siswa dalam aspek pertumbuhan dan perubahan pada pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan peningkatan tentang kebugaran jasmani dalam aspek gerak dan kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setelah diberikan penerapan modifikasi permainan softball untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, quasi experiment dengan desain Pre-test dan Post-test tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya yang berada di kelas X DKV 1 dengan jumlah 23 siswa Penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil data bahwa modifikasi permainan softball tidak berpengaruh dalam memotivasi siswa untuk belajar. Hal ini terlihat pada hasil angket pre-test dan post-test. Angket pre-test dan post-test menunjukkan Thitung > Ttabel yaitu 0,407 > -0,845 sehingga menunjukkan hasil yang tidak signifikan dengan besar pengaruh 1,28%.
Copyrights © 2024